Impact News

Update Indonesia edisi Juni 2024 mengangkat laporan utama mengenai program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang mengundang sorotan publik. Program ini, bertujuan memberikan solusi konkret terhadap isu perumahan yang masih krusial di Indonesia. Namun, masifnya resistensi para pekerja dan pengusaha terhadapnya memunculkan pertanyaan seputar transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaannya.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia mengangkat tentang target pertumbuhan ekonomi dalam Asumsi Dasar Ekonomi Makro (ADEM), serta sasaran dan indikator pembangunan yang nantinya menjadi dasar perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025. Selanjutnya, kami juga membahas tentang upaya menyelesaikan tantangan ekonomi-politik-lingkungan untuk mencapai keanggotaan Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD) bagi Indonesia.

Di bidang hukum, Update Indonesia mengangkat tentang pengaturan relokasi masyarakat terdampak pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Masyarakat terdampak pembangunan sangat membutuhkan kejelasan tindakan dari Otorita IKN supaya hak untuk memiliki tempat tinggal dan mata pencahariannya bisa terjamin, serta hak kepemilikannya juga dilindungi. Selanjutnya, kami juga membahas tentang gambaran kondisi kebebasan berpendapat Indonesia pada semester awal tahun 2024. Organisasi masyarakat sipil perlu bersama mengawal haluan kebebasan berpendapat di Indonesia ke arah yang lebih demokratis dari segi pengaturan maupun bermasyarakat.

Di bidang politik, Update Indonesia mengangkat tentang rencana Pemerintah melalui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membentuk Dewan Media Sosial (DMS). Rencana tersebut dikritik sejumlah pihak karena dinilai sebagai upaya mengatur konten dan ekspresi masyarakat. Ditambah lagi, bergulirnya wacana pembentukan DMS beriringan dengan polemik pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Penyiaran yang dinilai banyak kalangan membatasi kebebasan pers, berpendapat serta berekspresi.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang peringatan Hari Anti Tembakau Sedunia atau World No Tobacco Day (WNTD). Pada tahun 2024 ini, tema yang diangkat dalam tagline Kementerian Kesehatan, yakni “Lindungi Anak dari Campur Tangan Industri Produk Tembakau”. Tema yang diangkat tersebut bertujuan mengajak masyarakat dunia untuk mengingat bahaya eksploitasi industri nikotin yang ditujukan kepada para generasi muda. Selanjutnya, kami juga membahas tentang penyelenggaraan rehabilitasi narkoba melalui Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL).

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

 Selamat membaca.

Loading…

Taking too long?

Reload document

|

Open in new tab

Download [408.06 KB]

The post Update Indonesia — Volume XVIII, No.6 – Juni 2024 (Bahasa Indonesia) first appeared on The Indonesian Institute.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN