Impact News

Update Indonesia edisi Mei 2024 mengangkat laporan utama mengenai penilaian lembaga Freedom House terhadap kebebasan sipil, demokrasi, dan hukum indonesia tahun 2023 dan 2024. Situasi kebebasan sipil di Indonesia sangat bergantung pada kualitas dinamika hukumnya. Segala usaha perlu dilakukan demi tercapainya jati diri Indonesia yang mengedepankan rule of law dengan memenuhi kebebasan sipil untuk mencapai negara yang demokratis.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia mengangkat tentang kondisi perdagangan internasional indonesia di tengah kondisi ketidakpastian global. Di tengah kondisi ketidakpastian sekarang ini, pemerintah harus berupaya untuk memperkuat perdagangan internasional, seperti melalui diversifikasi pasar ekspor-impor, fokus pada value-added products, dan memberikan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kemampuan UMKM.

Selanjutnya, kami juga membahas tentang potensi ekonomi indonesia melalui pengembangan warisan budaya. Indonesia adalah salah satu negara dengan keragaman yang masyarakat, warisan budaya, dan kepercayaan yang sangat besar di dunia. Potensi warisan budaya di Indonesia sangat besar karena berkesinambungan dengan ekonomi kreatif.

Di bidang politik, Update Indonesia mengangkat tentang menilik efektivitas kabinet yang akan dipimpin oleh pasangan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Penting untuk mempertimbangkan aspek hukum terkait jumlah kementerian yang diinginkan Prabowo untuk menghindari dampak negatif terhadap birokrasi dan keseimbangan kekuasaan dalam pemerintahan.

Selanjutnya, kami membahas tentang tantangan penegakan hukum dalam pemberantasan korupsi, khususnya terkait korupsi politik, tampaknya masih menjadi fokus utama pada tahun 2024. Hal ini mengacu pada ‘maraknya’ tahun 2024 dengan aktivitas politik seperti Pemilu lalu, dan Pilkada yang akan digelar pada bulan November mendatang. Merujuk dari data Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), 40% dari tersangka yang diproses oleh KPK (2004-2023) berasal dari kalangan politik, baik itu anggota legislatif maupun kepala daerah.

Kemudian, kami juga membahas tentang penyusunan daftar pemilih yang merupakan tahapan penting dalam penyelenggaraan pemilu di Indonesia, termasuk dalam pilkada di bulan November mendatang. Penting bagi penyelenggara pemilu, khususnya KPU, untuk memetakan dan mencegah munculnya permasalahan dalam penyusunan daftar pemilih untuk Pilkada 2024.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang kebijakan kependudukan melalui Indeks Pembangunan Keluarga Indonesia. Sistem ketahanan keluarga secara komprehensif dibutuhkan peran dan partisipasi seluruh elemen masyarakat. Selanjutnya, kami juga membahas tentang bahaya pornografi bagi generasi muda di Indonesia.

 Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

 Selamat membaca.

Loading…

Taking too long?

Reload document

|

Open in new tab

Download [1.20 MB]

The post Update Indonesia — Volume XVIII, No.5 – Mei 2024 (Bahasa Indonesia) first appeared on The Indonesian Institute.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN