Impact News

Update Indonesia edisi Maret 2024 mengangkat laporan utama mengenai kebijakan ekonomi digital Indonesia di selama Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Upaya transformasi ekonomi digital relatif sudah pada jalur yang tepat.  Namun, kolaborasi, sinergi, dan kerja sama pemangku kebijakan kementerian/lembaga masih sangat diperlukan untuk mengoptimalkan pengembangan ekonomi digital Indonesia di masa depan.

 Di bidang hukum, Update Indonesia mengangkat tentang situasi pengaturan konten internet pemilu, terutama terkait periode Pemilu 2024, situasi terkini, dan pendekatan yang perlu dilakukan untuk menindaklanjuti laporan-laporan yang masuk di masa Pemilu 2024 Selanjutnya, kami juga membahas tentang pembentukan program legislasi nasional (Prolegnas) 2024. Diharapkan partisipasi bermakna akan menghasilkan UU yang relevan dan berkualitas dalam menjawab permasalahan. DPR perlu bekerja secara efektif dan berintegritas untuk segera membahas banyakan daftar RUU yang masih belum tuntas, sekaligus mempersiapkan tindak lanjut untuk membahas Prolegnas Prioritas Tahun 2024.

Di bidang politik, Update Indonesia mengangkat tentang penggunaan Sirekap yang mengundang polemik dan berpeluang melemahkan integritas hasil Pemilu 2024. Selanjutnya, kami membahas tentang pemberian gelar Jenderal Kehormatan kepada Prabowo Subianto ditinjau dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Penghormatan, yang dinilai cukup kontroversial di masyarakat. Kemudian, kami juga membahas tentang praktik manipulasi biaya transaksi dan kebijakan strategis di Indonesia pada Pemilu 2024.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang pekerja perempuan di sektor perkebunan sawit dan pertambangan. Meskipun pekerja perempuan bekerja sebagai buruh kasar perkebunan dengan status hubungan lepas, namun pekerja perempuan juga ikut berperan dan berkontribusi di sektor-sektor tersebut. Selanjutnya, kami juga membahas tentang pelaksanaan kebijakan untuk Indonesia Bersih Sampah 2025 masih menghadapi tantangan, termasuk dalam pengurangan sampah plastik.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

 

Selamat membaca.

Loading…

Taking too long?

Reload document

|

Open in new tab

Download [456.38 KB]

The post Update Indonesia — Volume XVIII, No.3 – Maret 2024 (Bahasa Indonesia) first appeared on The Indonesian Institute.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN