Impact News

Update Indonesia edisi Februari 2024 mengangkat laporan utama mengenai fenomena golongan putih (golput) pada pemilihan umum (Pemilu). Golput bukanlah semata-mata sikap apatis. Golput seharusnya diartikan dan direfleksikan sebagai bentuk protes dan ekspresi ketidakpuasan terhadap kinerja pemerintah serta isu-isu lainnya. Upaya bersama penting untuk dilakukan untuk menjawab ekspresi golput dan memperbaiki sistem yang berlaku dalam demokrasi, termasuk dalam konteks pemilu.

 Di bidang ekonomi, Update Indonesia mengangkat tentang kebijakan Pemerintah Indonesia yang telah berkomitmen untuk mengembangkan hidrogen lewat beragam kebijakan dan strategi pengembangan hidrogen nasional. Namun, pengembangan hidrogen di Indonesia juga tidak luput dari tantangan. Selanjutnya, kami juga membahas tentang Ekonomi kreatif atau ekonomi oranye adalah ekonomi yang berkelindan dengan aspek ekonomi, budaya, dan sosial yang berinteraksi dengan teknologi, kekayaan intelektual, dan tujuan pariwisata.

Di bidang hukum, Update Indonesia mengangkat tentang partisipasi penyandang disabilitas dalam kontestasi Pemilu 2024. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa tetap harus ada usaha optimal untuk terus meningkatkan partisipasi politik penyandang disabilitas sebagai peserta pemilu atau kandidat dalam kontestasi pemilu Selanjutnya, kami juga membahas tentang perbandingan kandidasi masyarakat adat dalam pemilu di Indonesia dan Brazil. Karena Melindungi hak masyarakat adat sama pentingnya dengan melindungi hak asasi semua warga negara karena semua warga negara setara dihadapan hukum, termasuk dalam konteks pemilu.

Di bidang politik, Update Indonesia mengangkat tentang dinamika yang berkembang terkait koalisi parpol pengusung capres setelah hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di tanggal 14 Februari 2024. Pragmatisme partai politik akan menentukan arah koalisi pasca-pilpres 2024.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang calon kepala pemerintahan yang baru memerlukan perspektif inklusivitas dalam melaksanakan janji kampanye dalam proses kebijakan, termasuk dalam upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Selanjutnya, kami juga membahas tentang Perempuan dan Refleksi Gerakan Anti Female Genital Mutilation (FGM). Pemerintah perlu membagi kerangka perspektif tentang pentingnya memberikan rasa aman anak perempuan atas tubuhnya.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

 

Selamat membaca.

Loading…

Taking too long?

Reload document

|

Open in new tab

Download [3.42 MB]

The post Update Indonesia — Volume XVIII, No.2 – Februari 2024 (Bahasa Indonesia) first appeared on The Indonesian Institute.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN