Impact News

Update Indonesia edisi Januari 2024 mengangkat laporan utama mengenai analisis kesesuaian formiil dari penyusunan perubahan kedua Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) juga materiil dari perubahan kedua UU ITE, serta bagaimana UU ini menjawab permasalahan pengaturan kebebasan berpendapat di ranah digital. Karena pelaksanaan UU ITE sudah seharusnya selalu menghormati hak kebebasan berpendapat.

Di bidang ekonomi, Update Indonesia mengangkat tentang tantangan perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan kemunduran demokrasi. Hal ini juga berpengaruh terhadap perekonomian di Indonesia. Selanjutnya, kami juga membahas tentang pengembangan ekonomi biru di Indonesia. Namun, sejumlah pekerjaan rumah harus dikerjakan oleh pemerintah untuk mengembangkan potensi ekonomi biru di Indonesia.

Di bidang politik, Update Indonesia mengangkat tentang catatan terkait penyelenggaraan Pemilu 2024. Catatan untuk penyelenggara akan berisi tiga poin utama, yaitu terkait dengan sosialisasi pemilu sebelum kampanye, panjang masa kampanye, dan isu-isu perempuan dalam pemilu. Sedangkan, catatan untuk peserta pemilu akan mencakup sistem kepartaian, edukasi publik, dan etika kampanye. Berikutnya, kami mengupas tentang implikasi sistem multipartai di Indonesia. Keberagaman partai politik mencerminkan beragamnya pendapat dan aspirasi masyarakat. Hal ini menimbulkan tantangan dalam membentuk koalisi dan membuat keputusan politik yang efektif.

Selanjutnya, kami juga membahas tentang mengantisipasi kebocoran data Pemilu 2024. KPU harus dapat memberikan jaminan terhadap keamanan data pemilu. Jangan sampai terjadi lagi kebocoran pemilu yang akan mengakibatkan turunnya kepercayaan masyarakat terhadap hasil pemilu.

Di bidang sosial, Update Indonesia mengangkat tentang kesejahteraan populasi kunci selama ini dinilai masih menjadi fokus utama pemerintah dalam mengendalikan penyebaran HIV/AIDS. Hal ini juga berpengaruh terhadap perekonomian di Indonesia. Selanjutnya, kami juga membahas tentang penyelenggaraan pelayanan sosial yang merupakan kunci dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat sebagaimana yang dimandatkan undang-undang. Diperlukan partisipasi dan kolaborasi berbagai pihak untuk mewujudkan negara yang sejahtera dan kualitas hidup manusia.

Publikasi bulanan Update Indonesia dengan tema-tema aktual diharapkan dapat membantu para pembuat kebijakan di lembaga pemerintah maupun bisnis – juga kalangan akademik, think tank, dan elemen masyarakat sipil, baik dalam maupun luar negeri, untuk mendapatkan informasi aktual dan analisis kontekstual tentang kondisi ekonomi, politik, sosial, maupun hukum di Indonesia, serta pemahaman tentang kebijakan publik di Indonesia.

 Selamat membaca.

Loading…

Taking too long?

Reload document

|

Open in new tab

Download [406.84 KB]

The post Update Indonesia — Volume XVIII, No.1 – Januari 2024 (Bahasa Indonesia) first appeared on The Indonesian Institute.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN