Impact News

Tips Jitu Mengolah Daging Qurban: Anti Mubazir, Tetap Lezat dan Bergizi!

Sahabat Inisiator, momen Qurban selalu spesial bagi terutama bagi umat Islam. Di waktu ini masyarakat ikut berbondong-bondong menyembelih hewan Qurban terbaik dan membagikan daging hewan kepada sesama. Namun, di balik momen bahagia ini, seringkali muncul kekhawatiran tentang bagaimana mengolah daging Qurban agar tidak mubazir.

Tenang, Sahabat Inisiator tidak perlu panik. Kali ini, yuk kita simak tips jitu mengolah daging Qurban agar tetap lezat, bergizi, dan anti mubazir.

1. Pilih Metode Penyimpanan yang Tepat
Kunci utama menghindari pemborosan daging Qurban adalah dengan memilih metode penyimpanan yang tepat. Berikut beberapa pilihannya:
– Kulkas: Simpan daging Qurban di kulkas dengan suhu 4°C. Daging dapat bertahan selama 3-4 hari.
– Freezer: Untuk penyimpanan jangka panjang, gunakan freezer. Daging Qurban dapat disimpan di freezer selama 6-12 bulan.
– Pengeringan: Daging Qurban dapat dikeringkan menjadi dendeng atau abon. Cara ini merupakan solusi ideal untuk menghindari pemborosan daging Qurban yang berlebihan.

2. Kreasi Masakan yang Beragam
Jangan hanya terpaku pada sate dan gulai ya Sahabat Inisiator! Daging Qurban bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat dan bergizi.Berikut beberapa inspirasinya:
– Rendang: Hidangan khas Padang ini wajib dicoba! Daging Qurban dimasak dengan bumbu rempah yang kaya rasa dan santan hingga empuk dan meresap.
– Semur: Hidangan berkuah gurih ini cocok dinikmati dengan nasi hangat dan sambal.
– Sop daging: Hangatkan tubuh dengan semangkuk sup daging Qurban yang kaya protein dan vitamin.
– Nasi goreng: hidangan yang mendunia ini juga menjadi pilihan yang enak untuk dicoba. Jika Sahabat Inisiator bingung untuk mengeksekusinya, jangan khawatir! Chef Haryo memberikan tips dan trik mengolah daging hewan qurban di video berikut ini.

3. Bagikan kepada Sesama
Tradisi Qurban tak hanya tentang menyantap hidangan lezat, tetapi juga berbagi kebahagiaan dengan sesama. Bagikan daging Qurban kepada tetangga, saudara, atau lembaga sosial seperti Human Initiative yang dapat membagikan kebahagiaan Qurban hingga pelosok negeri.

4. Libatkan Keluarga dan Komunitas
Mengolah daging Qurban bukan hanya tugas satu orang. Ajak keluarga dan komunitas untuk membantu. Hal ini akan menjadi momen kebersamaan yang menyenangkan dan bermanfaat. Sahabat Inisiator, yuk jadikan momen Idul Adha tahun ini sebagai momen berbagi dan meminimalisir pemborosan!
Tips Bonus:
– Gunakan bumbu dan rempah-rempah alami untuk menambah cita rasa daging Qurban tanpa harus menambahkan MSG.
– Sajikan daging Qurban dengan topping yang menarik agar lebih menarik seperti bawang goreng, daun bawang, hiasan wortel dsb.
– Ajak anak-anak untuk terlibat dalam proses pengolahan daging Qurban agar mereka lebih mengenal tradisi ini.

Semoga tips-tips di atas bermanfaatya Sahabat Inisiator, silahkan berkunjung ke human-initiative.org/qurban untuk bersama hantarkan kebahagiaan hingga pelosok negeri!


0

The post Tips Jitu Mengolah Daging Qurban: Anti Mubazir, Tetap Lezat dan Bergizi! appeared first on Human Initiative.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN