Child RightsImpact News

Jakarta, 23 November 2023. Dalam upaya bersama untuk meningkatkan keselamatan anak-anak sekolah di Jakarta, Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) DKI Jakarta, Save the Children Indonesia, New Future Disaster Management Centre didukung penuh oleh KB Capital, Sunindo Kookmin Best Finance and Save the Children Korea meresmikan fasilitas ‘Zona Selamat Sekolah’ (ZoSS) di Jakarta Timur. Program ini mencakup pemasangan 28 rambu lalu lintas di sepanjang jalan sekolah, dan 24 rambu lainnya.  

Menurut data dari Integrated Road Safety Management System (IRSMS) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) menyebutkan POLRI menangani 7.180 kecelakaan lalu lintas sejak 1 hingga 21 Agustus 2023, dan sebanyak 6.004 pengemudi masih di bawah 17 tahun, atau kurang lebih 14,3% dari jumlah tersebut. Sepeda motor merupakan jenis kendaraan yang paling banyak terlibat kecelakaan lalu lintas dengan persentase 77,3% untuk periode 1 – 21 Agustus 2023.

“Edukasi terhadap keselamatan lalu lintas menjadi sangat penting bagi anak – anak. Melalui program Road Safety ini, kami akan mengedukasi lebih dari 4000 anak, dan memastikan fasilitas ZoSS tersedia untuk berkontribusi mengurangi kecelakaan lalu lintas terutama di area sekitar sekolah.” Jelas Erwin Simangunsong, Chief of Partnership, Strategic Program and Operation – Save the Children Indonesia

Kondisi keselamatan jalan di Indonesia memang masih menjadi masalah yang serius. Jumlah korban jiwa pada tahun 2022 sebesar 7.133 jiwa. Hingga saat ini Indonesia berada dalam posisi kritis dalam tingkat keamanan yang dialami oleh pengguna jalan raya. Indonesia juga menghadapi pertumbuhan pengendara bermotor yang tinggi di wilayah DKI Jakarta.

Program Road Safety bertujuan untuk meningkatkan lingkungan yang aman dan selamat berbasis sekolah untuk anak-anak dan remaja di Jakarta Timur. Program ini juga melibatkan pihak – pihak terkait seperti Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) , Satlantas Polres Jakarta Timur, Satuan Komando Pasukan Khusus (Kopasus), Dinas Pendidikan, dan Sekolah dampingan.

Tentang Save the Children Indonesia

Save the Children percaya setiap anak berhak mendapatkan masa depan. Di Indonesia dan di seluruh dunia, Save the Children melakukan apapun yang harus dilakukan—setiap hari dan saat krisis—agar anak-anak mendapatkan pemenuhan hak atas hidup yang sehat, kesempatan untuk belajar, dan perlindungan. Pakar kami pergi ke tempat yang paling sulit dijangkau di mana sangat sulit untuk menjadi anak-anak. Save the Children memastikan kebutuhan unik anak-anak terpenuhi dan suara mereka didengarkan. Bersama anak-anak, keluarga dan masyarakat, serta pendukung di seluruh dunia, kami mencapai hasil berkelanjutan untuk jutaan anak.

Dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, kami adalah yang pertama dan terkemuka di dunia organisasi independen untuk pemenuhan hak anak—mengubah kehidupan dan masa depan kita bersama.

Laman ini Save the Children Indonesia dukung PemProv DKI Jakarta menyediakan Fasilitas Zona Selamat Sekolah (ZoSS) melalui Road Safety Program terbit pertama kali di Save the Children Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN