Child RightsHealthcareImpact News

Jakarta – Save the Children dan Hanwha Life berkolaborasi membentuk tempat yang aman di mana perempuan dan anak-anak, khususnya, memiliki akses untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mental mereka melalui ‘Pusat Layanan Keluarga atau dikenal dengan PUSPA’.

Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan keluarga yang bahagia dan sejahtera, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 11 Tahun 2022, menyiapkan wadah pengintegrasian Data Keluarga Satu Pintu dan sinkronisasi pelayanan kesejahteraan keluarga melalui PUSPA. Hanwha Life Insurance Indonesia telah bekerja sama dengan Departemen Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun fasilitas ini.

Kegiatan PUSPA juga terwujud dalam bentuk layanan berbasis digital yang pertama kali dikembangkan dengan dukungan Save the Children, yang kemudian pengembangan website lebih lanjut dilakukan oleh Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta. Layanan digital yang tersedia di aplikasi PUSPA diantaranya, Layanan Informasi Keluarga, Tele Konsultasi, Tim Pendamping Keluarga, Bagimu, Jakpreneur, Putaran (Pusat Pembelajaran Perempuan), Kampanye Edukasi, dan Lapor Tindakan Kekerasan. Layanan konsultasi PUSPA juga dirancang secara inklusif bagi penyandang disabilitas dengan menyediakan juru bicara bahasa isyarat.

“Kesejahteraan Anak dan Perempuan merupakan salah satu hal yang menjadi fokus kami di Provinsi DKI Jakarta. Inisiatif kolaboratif yang didukung penuh oleh Hanwha Life Insurance Indonesia menyediakan ruang aman dan inklusif yang memungkinkan masyarakat, khususnya perempuan dan anak untuk memahami kesehatan mental dan membangun keluarga yang bahagia serta sejahtera.” Jelas Kurwiany Ukar/Interim CEO Save the Children Indonesia

Save the Children Indonesia memfasilitasi upaya peningkatan kesadaran dan kapasitas anggota masyarakat, khususnya perempuan dan anak-anak, melalui metode lokakarya dan diskusi mengenai peningkatan kesadaran bagi orang tua agar dapat memahami tentang masalah kesehatan mental pada anak dan peningkatkan kesadaran untuk anak-anak, agar mereka menyadari masalah kesehatan mental mereka, dan belajar tentang penyebab, gejala, dan bagaimana anak-anak dapat membantu anak-anak lainnya.

Program ini bertujuan untuk menyediakan ruang yang mudah diakses dan aman bagi anggota masyarakat, khususnya perempuan dan anak-anak. Tempat aman ini akan dikelola Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebagai fasilitas yang tidak hanya memberikan akses langsung terhadap layanan kesehatan jiwa bagi masyarakat, namun juga berfungsi sebagai tempat pembelajaran dan peningkatan kesadaran mengenai masalah kesehatan jiwa.

Tentang  Save the Children Indonesia

Save the Children percaya setiap anak berhak mendapatkan masa depan. Di Indonesia dan di seluruh dunia, Save the Children melakukan apapun yang harus dilakukan—setiap hari dan saat krisis—agar anak-anak mendapatkan pemenuhan hak atas hidup yang sehat, kesempatan untuk belajar, dan perlindungan. Pakar kami pergi ke tempat yang paling sulit dijangkau di mana sangat sulit untuk menjadi anak-anak. Save the Children memastikan kebutuhan unik anak-anak terpenuhi dan suara mereka didengarkan. Bersama anak-anak, keluarga dan masyarakat, serta pendukung di seluruh dunia, kami mencapai hasil berkelanjutan untuk jutaan anak.

Dengan pengalaman lebih dari 100 tahun, kami adalah yang pertama dan terkemuka di dunia organisasi independen untuk pemenuhan hak anak—mengubah kehidupan dan masa depan kita bersama.

Laman ini Save the Children dan Hanwha Life Insurance Membentuk Pusat Komunitas Sosial Untuk Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Mental dan Psikososial pada Perempuan dan Anak terbit pertama kali di Save the Children Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN