Impact News

Sahabat Inisiator, Idul Adha semakin dekat, momen istimewa dimana umat Islam disunnahkan untuk berqurban. Dalam memilih hewan qurban, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar qurban kita sah dan sesuai syariat. Berikut 3 hal yang sering terlupa ketika kita memilih hewan qurban:

Usia Hewan Qurban

Hewan qurban haruslah mencapai usia minimal yang ditentukan. Untuk kambing atau domba minimal berusia 1 tahun, sapi atau kerbau minimal berusia 2 tahun, dan unta minimal berusia 5 tahun. Pastikan Sahabat Inisiator memilih hewan yang sudah mencapai usia minimal tersebut. Secara umum, hewan qurban yang cukup umur dapat dilihat dari struktur giginya, namun Sahabat Inisiator jangan ragu juga untuk bertanya langsung ke peternak ya.

Kesehatan Hewan

Hewan qurban haruslah sehat dan bebas dari penyakit menular. Perhatikan tanda-tanda kesehatan hewan seperti mata yang cerah, bulu yang bersih, dan nafsu makan yang baik. Hindari memilih hewan yang tampak lemah, lemas, atau memiliki luka.

 

Kelainan Fisik

Hewan qurban haruslah bebas dari kelainan fisik yang permanen. Kelainan seperti buta sebelah, pincang permanen, atau gigi patah dapat membatalkan sahnya qurban. Pastikan Sahabat Inisiator memilih hewan yang tidak memiliki kelainan fisik permanen.

 

Rasulullah SAW bersabda, “ Hewan qurban yan terbaik adalah yang paling gemuk dan paling disukai oleh penjualnya” (Hadits Riwayat Abu Daud) Dalam hadits ini, Rasulullah SAW memberikan pedoman dalam memilih hewan qurban yang memiliki kualitas yang terbaik.

Berqurban dengan Kebahagiaan yang Menjangkau Pelosok Negeri

Sahabat Inisiator, Mari jadikan momen Idul Adha kali ini lebih bermakna dengan berqurban melalui Human Initiative. Kami menyediakan hewan qurban berkualitas yang sesuai syariat dan akan didistribusikan hingga ke pelosok negeri. Sahabat Inisiator tidak hanya berqurban dengan sesuai dengan syariat, tetapi juga membawa kebahagiaan bagi saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan dalam mengakses daging Qurban. Silahkan berkunjung ke human-initiative.org/qurban untuk hantarkan Kebahagiaan berqurban, hingga pelosok negeri.

 


0

The post Qurban Sesuai Syariat: Ingat 3 Hal Ini Ketika Memilih Hewan Qurban! appeared first on Human Initiative.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN