Impact News

Hari Gizi Nasional Indonesia yang diperingati pada 28 Februari menjadi perayaan penting dalam bidang kesehatan di Indonesia meskipun secara resmi tidak diagendakan dalam kalender Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Mari simak mengenai sejarah hingga cara merayakan Hari Gizi Nasional Indonesia 2024.

Sejarah Hari Gizi Nasional Indonesia

Berdasarkan laman resmi Kementerian Kesehatan, pemerintah Indonesia telah berupaya meningkatkan gizi masyarakat sejak tahun 1950. Menteri Kesehatan saat itu, Dr. Johannes Leimana, mengangkat Profesor Pourwo Soedarmo yang dikenal dengan Bapak Gizi Nasional sebagai Direktur Lembaga Penelitian Pangan Rakyat (LMR)

LMR mulai mendirikan Sekolah Juru Penerang Makanan (SJPM) di Indonesia, dan sejak itu pelatihan tenaga ahli gizi di Indonesia terus berkembang.

Hari Gizi Nasional telah diperingati sejak pertengahan tahun 1960-an. Hari Gizi Nasional  memperingati awal mula kaderisasi tenaga gizi Indonesia dengan didirikannya Sekolah Juru Penerang Makanan oleh LMR pada 25 Januari 1950. Oleh karena itu, Hari Gizi Nasional ditetapkan pada tanggal 25 Januari.

Meskipun demikian, Tanggal 28 Februari tetap diperingati sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia, Kemenkes menyelenggarakan Hari Gizi Nasional sepanjang bulan Januari hingga Februari setiap tahunnya.

Latar Belakang Hari Gizi Nasional Indonesia 2024

 

Hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) menyebutkan dalam situs Ayo Sehat Kementerian Kesehatan bahwa risiko stunting pada tahun 2022 meningkat sebesar 1,6 dari kelompok umur 6-11 tahun menjadi kelompok umur 12-23 bulan hal tersebut menunjukkan peningkatan dari 13,7% menjadi 22,4%. Hal ini menandakan kegagalan dalam pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) sejak bayi berusia 6 bulan.

Tema Hari Gizi Nasional Indonesia 2024

Dalam rangka Hari Gizi Nasional  2024, Kementerian Kesehatan RI menetapkan tema “MP-ASI kaya protein hewani cegah stunting” dengan slogan “MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas”.

Cara Memperingati Hari Gizi Nasional

Kita dapat memperingati hari gizi nasional dengan beberapa kegiatan positif yang bisa dilakukan di rumah seperti: 

Memberikan ucapan selamat hari gizi
Mengosumsi makanan dengan gizi seimbang
Mengunggah foto terkait gizi dan anak

Sahabat Inisiator, mari kita lakukan satu langkah kecil untuk mencegah stunting dengan memberikan gizi yang seimbang bagi anak-anak, untuk masa depan yang lebih baik.

Source: detik.com


0

The post Mengenal Hari Gizi Nasional yang di Peringati setiap 28 Februari appeared first on Human Initiative.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN