Impact News

Minggu (24/12), Human Initiative dan Salimah Kota Padang menggelar seminar parenting untuk ibu janda atau yang sering disebut dengan istilah single mom. Seminar ini diikuti oleh 100 single mom yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah dan memiliki anak berusia sekolah. Seminar ini mengangkat tema “Menggapai Asa Bersama Ibu Hebat”. Dalam seminar ini, para peserta mendapatkan edukasi tentang kesehatan mental ibu dan pola pendidikan anak.

Feli Elysa, perwakilan Salimah Kota Padang, menghimbau para single mom untuk meneladani kisah-kisah terdahulu, seperti kisah ibunda Siti Hajar dan Hannah, istri Imran. Mereka berdua adalah sosok inspiratif yang mampu membesarkan anak hingga menjadi anak saleh dan salehah berakhlak mulia meskipun sangat minim atau bahkan tanpa dampingan suami.

“Seminar ini merupakan upaya Human Initiative untuk memberikan edukasi langsung kepada para single mom.”, tutur Defri Hanas, kepala cabang Human Initiative Sumbar.

Selain itu, Istri Gubernur Sumbar, Harneli Bahar, dalam sambutannya turut berpesan kepada para single mom untuk mendidik anak berlandaskan ilmu agama. Dia juga mengingatkan para single mom untuk tidak memarahi anak dengan perkataan yang buruk.

“Para single mom juga penting untuk tidak melalaikan pengawasan terhadap anak. Sebab pengawasan penting dalam memastikan anak tumbuh dan berkembang dengan baik,” jelas Sufnarrita Yusuf, S.ST, MM (Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Provinsi Sumbar).

Nila Anggreiny, M.Psi, seorang dosen Psikologi Unand dan pengelola klinik My Lovely Child juga menguatkan agenda hari ini dengan memberikan beberapa poin penting tentang parenting untuk single mom, di antaranya yaitu, ibu harus menghargai diri sendiri. Selain itu, ibu juga harus melihat kebaikan anak dan mengapresiasinya. Kemudian, ibu juga harus menghindari hukuman yang berlebihan saat anak melakukan kesalahan.

Sebagai semangat kolaborasi dan apresiasi kepada para single mom, para peserta juga mendapatkan kado berupa peralatan rumah tangga yang disponsori oleh DKU Pegadaian Syariah, Bank Nagari, UAI BPKP Sumbar, dan Frida Plastik.

Penulis : Kurnia Afridilla

Editor : MGP


2

The post Human Initiative dan Salimah Padang Gelar Seminar Parenting untuk Single Mom di Sumbar appeared first on Human Initiative.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN