Impact News

Pada Rabu (3/4), gempa berkekuatan 7,5 SR melanda Taiwan, menjadikannya gempa terkuat dalam 25 tahun terakhir. 

“Sampai saat ini, gempa susulan masih sering terjadi di lokasi” ujar Representative Human Initiative yang saat ini berada di lokasi bencana. 

Gempa terjadi sekitar 18 kilometer barat daya Kota Hualien, pada kedalaman sekitar 35 kilometer dan menyebabkan peringatan tsunami hingga ke Jepang dan Filipina.

Gempa ini menyebabkan kerusakan yang sangat serius menyebabkan kerusakan bangunan dan infrastruktur, diantaranya adalah bangunan lima lantai di Kota Hualien, yang tampaknya mengalami kerusakan parah, lantai pertama runtuh dan sisanya miring 45 derajat, selain itu bangunan tua di Taipei runtuh, listrik padam, dan layanan kereta api dihentikan sementara.

Gempa Terbesar Sejak Tahun 1999

Pada tahun 1999, Taiwan mengalami gempa bumi serupa dengan kekuatan 7,6 SR, Ini merupakan gempa terbesar sejak gempa tahun 1935, gempa bumi tersebut menyebabkan kerusakan  luas di seluruh pulau, termasuk hancurnya ribuan bangunan dan kerusakan infrastruktur yang ada, antara lain ambruknya jalan dan jembatan, banjir, dan tanah longsor.

Human Initiative saat ini masih terus berkoordinasi dengan Representative di Taiwan mengenai dampak yang terjadi akibat gempa bumi. 

Sahabat inisiator, saat ini Taiwan sedang menghadapi bencana yang sangat serius. Mari kita langitkan doa agar para penyintas diberi keselamatan dan kekuatan dalam mengatasi bencana ini.


0

The post Gempa Bumi Berkekuatan 7,5 SR Guncang Taiwan Menyebabkan Peringatan Tsunami Hingga Jepang dan Filipina appeared first on Human Initiative.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN