Impact News

Brussels – Direktur The Asian Muslim Action Network (AMAN), Ruby Kholifah, mewakili masyarakat sipil Indonesia memberikan masukan kepada Working Party on Terrorism, Uni Eropa, di Brussels, Rabu (21 Februari 2024). Dalam forum tersebut hadir pula sejumlah tokoh, salah satunya Sidney Jones.  Sebagai informasi, Working Party on Terrorism dipegang oleh Belgia.

Dalam kesempatan tersebut, Ruby memperkenalkan pentingnya mengkonsiderasi etik perawatan (Ethics of Care). Selama pengalaman AMAN Indonesia, hal itu menjadi nyawa dari banyak program perempuan dan pencegahan ekstremisme dijalankan di Indonesia, terutama yang dijalankan oleh Working Group on Preventing/Countering Violent Extremism (WGWC). 

”Sebagai praktisi Ethics of Care menjadi nyawa dari banyak program yang dijalankan. Terutama dalam gerakan WGWC, AMAN Indonesia menjadi salah satu pendiri dan Stering Committee periode 2017-2024,” terangnya.

Ruby menekankan, para pengambil kebijakan sudah harus mengubah strategi dan pendekatan, dengan menyandingkan intelektual, bersamaan dengan empati, welas asih, peduli, untuk membangun kohesi sosial. Terorisme tidak bisa didekati dengan senjata. Program deradikalisasi tidak mungkin berhasil tanpa menyentuh aspek empati, peduli, dan welas asih.

”Meskipun 35 menit saja presentasi, tetapi saya senang mendapatkan feedback yang bagus dari kelompok forum,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya berharapa Uni Eropa bisa mengadopsi pendekatan dan menggunakan Ethics of Care. ”Semoga kebijakan Uni Eropa mengarah pada pendekatan dengan menggunakan Ethics of Care,” pungkasnya. 

 

The post Direktur AMAN Indonesia Berikan Masukan pada Working Party in Terrorim appeared first on Aman Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN