Impact News

Bunga Krisan, si cantik nan anggun dari Asia Timur, tak hanya dikenal dengan pesonanya yang memikat, tapi juga sarat makna. Di Indonesia, bunga ini lebih akrab disapa bunga seruni, melambangkan kekaguman, pujian, kebangsawanan,keceriaan, hingga kedukaan.

Krisan hadir dalam beragam warna dan ribuan jenis, hasil perpaduan dengan bunga Krisan dari negara lain. Keindahannya tak hanya dinikmati di taman, tapi juga menghiasi ruangan rumah, hotel, dan menjadi buket istimewa.

Budidaya Krisan banyak dijumpai di dataran tinggi, dikelola oleh kelompok tani maupun individu. Salah satu penghasil terbaiknya adalah Desa Nyalindung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Di sini, Krisan tak hanya menjadi sumber keindahan,tapi juga mata pencaharian bagi banyak orang.

Namun, duka menyelimuti Nyalindung pada 21 November 2022. Gempa bumi melanda, menghancurkan banyak lahan Krisan. Para petani pun terpuruk, merasakan penurunan pendapatan akibat bencana.

Di tengah keterpurukan, secercah harapan hadir melalui program pemberdayaan petani Krisan, hasil dari kolaborasi Sahabat Inisiator, para relawan dan pemerintah setempat Bantuan ini tak hanya memulihkan semangat para petani, tapi juga membuka jalan baru untuk bangkit dari keterpurukan.

Program ini tak hanya berfokus pada pemulihan fisik lahan Krisan, tapi juga memberikan pelatihan dan pendampingan usaha bagi para petani. Mereka diajarkan teknik budidaya yang lebih modern dan efisien, serta strategi pemasaran yang lebih efektif.

Berkat program ini, para petani Krisan di Nyalindung mulai bangkit. Lahan mereka kembali hijau, hasil panen membaik, dan pendapatan mereka pun kembali pulih.

Foto : panen perdana bunga krisan

Kisah Krisan di Nyalindung menjadi pengingat, bahwa di balik keindahan, selalu ada kekuatan untuk bangkit. Kekuatan yang datang dari semangat para petani, uluran tangan dari sesama, dan harapan untuk masa depan yang lebih cerah.

Terima kasih kepada para Sahabat Inisiator yang telah turut berpartisipasi terhadap program kebaikan dari Human Initiative, semoga kolaborasi ini dapat terus bermanfaat dan memiliki dampak luas lagi dalam membantu sesama. Bagi kalian yang ingin mendapatkan info lebih lanjut, dapat mengunjungi solusipeduli.org untuk melihat program kebaikan lainnya.


0

The post Bunga Krisan: Dari Keterpurukan Menuju Semangat Baru appeared first on Human Initiative.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN