Impact News

Dalam Islam, membahagiakan anak yatim adalah tindakan mulia yang mendatangkan banyak keberkahan. Berikut adalah 4 keutamaan membahagiakan anak yatim:

Meraih Peluang Menjadi Teman Rasulullah SAW di Surga: 

Rasulullah SAW bersabda

 أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِي الْجَنَّةِ هَكَذَا، وَأَشَارَ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى وَفَرَّجَ بَيْنَهُمَا شَيْئًا

Artinya, “Aku dan orang yang mengurus (menanggung) anak yatim (kedudukannya) di dalam surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan (kedua jarinya yaitu) telunjuk dan jari tengah serta agak merenggangkan keduanya.” (HR. Imam Al-Bukhari).

bahwa orang yang memelihara anak yatim akan masuk surga bersamanya. Kedekatan dengan anak yatim membawa kita lebih dekat dengan Nabi Muhammad.

Pengasuh Anak Yatim Dijamin Masuk Surga: 

Menjaga dan menyantuni anak yatim dengan memberikan makanan dan minuman akan memastikan kita masuk surga. 

Nabi Muhammad SAW bersabda 

“Orang yang menanggung (mengasuh) anak yatim miliknya atau milik orang lain, aku dan dia seperti dua jari ini di surga.” Malik (perowi hadits) mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah.” (HR. Muslim)

Memperoleh Pertolongan dari Allah SWT: 

Allah memberikan pertolongan kepada orang yang menjaga dan membahagiakan anak yatim. Dengan berbuat baik kepada mereka, kita mendapatkan rahmat dan bantuan dari-Nya 

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadits berikut:

“….Allah akan menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR Muslim dan Ashhabus Sunan dari Abu Hurairah).

Menghindarkan dari Siksa Akhirat: 

Rasulullah SAW menegaskan bahwa orang yang memperlakukan anak yatim dengan baik akan terhindar dari siksa di hari kiamat.

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadits berikut:

“Demi Yang Mengutusku dengan kebenaran, Allah tidak akan menyiksa orang yang menyayangi anak yatim, berbicara dengan lemah lembut kepada mereka, dan merasakan belas kasihan terhadap mereka yang yatim dan lemah.” (HR Thabrani dari Abu Hurairah).

Sahabat inisiator, dengan membahagiakan anak yatim, kita bukan hanya memberikan materi, tetapi juga memberikan cinta, perhatian, dan harapan. 

Semoga kita selalu diberi kesempatan untuk berbagi dan menyantuni anak yatim, karena di dalamnya terkandung banyak keberkahan dan pahala.


0

The post 4 Keutamaan Membahagiakan Anak Yatim appeared first on Human Initiative.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEN